Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul

Ground Breaking (Peletakan Batu Pertama) Pembangunan gedung Layanan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul oleh Bupati Bantul, H. Abdul Halim Muslih pada hari Rabu tanggal 27 Maret 2024 di Jalan Gajah Mada No. 1 Bantul. Tahun 2024 ini Kabupaten Bantul mendapat Bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dari Perpustakaan Nasional RI.

 

Acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan Dana DAK Tahun 2023 dihadiri pula oleh Bupati, Kepala Kejaksaan Negeri, Kapolres Bantul, Komandan Kodim, Kepala Pengadilan Negeri, Sekretaris Daerah, Bunda Literasi Bantul, Ketua DRPD Bantul, Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Bantul, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Administrasi Umum, Staf Ahli Bupati Bidang Politik, Hukum, dan Pemerintahan, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Staf Ahli Bupati Bidang SDM dan Kemasyarakatan, Kepala OPD di Kabupaten Bantul, Panewu di Kabupaten Bantul, Kepala KUA Bantul, Lurah Bantul, Direktur PT Bumi Cipta Abyudaya dan Direktur PT Damasraya Mitra Amerta.

 

Bangunan Gedung Layanan Perpustakaan Berdiri diatas Lahan yang terletak di jalan Jalan Gajah Mada No. 1 Bantul  dengan Luas Tanah 3032 M2. Gedung Perpustakaan Umum Daerah Bantul berdasarkan rencana telah di desain dengan bangunan 3 (tiga) lantai, dimana lantai 1 (satu) akan dijadikan ruang informasi PISA, Ruang Baca Anak, Ruang Baca Difabel, Ruang Referensi,  Ruang Katalog Online, Kantin dan spot selfi. Untuk Lantai 2 (Dua) telah direncanakan menjadi Ruang baca umum, ruang perkantoran, Ruang pengolahan buku, Ruang Display Naskah arsip kuno, dan Ruang Galeri/Pameran dan Lantai 3 (tiga) direncakan untuk Ruang Baca Digital, Ruang Pelatihan Inklusi Sosial, Ruang Audio Visual, Caffe shop dan dilengkapi dengan roof top. Selain Pembangunan Gedung Perpustakaan Nasional RI juga memberikan bantuan dalam bentuk sarana dan prasarana seperti Perabotan/Meubelair, TIK dan Bahan Pustaka.

 

Pada acara tersebut juga dilakukan penyerahan Kartu Tanda Anggota Perpustakaan (KTA) Perpusda Bantul Kepada Bupati Bantul beserta Ketua TP PKK Kabupaten Bantul, perwakilan OPD dan perwakilan Pelajar kemudian dilanjutkan dengan peletakkan batu pertama bersama jajaran Forkopimda. Masa pembangunan di perkirakan dilakukan selama 240 hari kalender terhitung mulai tanggal 15 Maret 2024 sampai dengan tanggal 23 November 2024. Beberapa tahapan tahapan dalam rangka proses pelaksanaan pembangunan gedung perpustakaan telah dilakukan melalui Bagian Barang dan Jasa Kabupaten Bantul dan telah di tetapkan pemenangnya yaitu PT Bumi Cipta Abyudaya. Semoga pembangunan ini lancar dan sesuai dengan harapan, Aamiin…

 

 

 

 

 

 

Salam Literasi,,, Ayo Membaca…!!!

Bantul Pinter… Bantul Moco….

 

#dispusipbantul
#dpkbantul
#dispusip2024