Berita

Pengelolaan Arsip Berpengaruh Terhadap Layanan Publik

Selasa Pon, 23 April 2019 21:07 WIB 194

foto
Burhanudin K, AMd (Arsiparis) melakukan pendampingan kearsipan praktek langsung kepada Petugas Arsip Desa Jagalan

Arsip tercipta dengan seiring berjalannya  aktivitas instansi/ organisasi bersangkutan. Semakin besar instansi/ organisasi  maka arsip yang tercipta pun semakin banyak pula. Permasalahan saat ini yang terkait dengan penemuan kembali arsip yang dibutuhkan  itu tentunya semakin kompleks, sehingga perlu pengelolaan arsip yang tepat dan tertata dengan baik. Sehingga Pengelolaan Arsip Desa yang baik berpengaruh pula terhadap pelayanan publik yang prima. 

Permintaan Pendampingan Tata Kelola Kearsipan Desa semakin bertambah dari hari ke hari sehingga program Layanan Arsip Desa (Larisa) berjalan dengan baik. Kegiatan ini merupakan inovasi bidang kearsipan dan merupakan implementasi dari Getar Bahana (Gerakan Tertib Arsip Bantul Harmoni dan akuntabel ) yang menjadi salah satu Quick Wins dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul.

Bertempat di Kantor Lurah Desa Jagalan, Banguntapan kegiatan pendampingan dan pengarsipan dokumen di laksanakan dengan praktek langsung( 23/4). Pada kesempatan itu kami di sambut oleh Bapak Gono Santosa selaku Lurah Desa Jagalan didampingi  oleh Kaur Tata Usaha dan Umum (Gustam Fathoni) dan Petugas Arsip (vitasari Santosa) sedangkan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan mentornya Burhanuddin K, AMd (Arsiparis) dan Hefi Ynusia Staf Bidang Kearsipan. Sebagai langkah awal Mentor menjelaskan tentang pengelolaan alur surat masuk sampai ke penyimpanan di Filling Cabinet. Rencana kedepan Desa Jagalan meminta pendampingan lanjutan agar tata kelola kearsipannya semakin lebih baik mengingat pengelolaan arsip sangat penting dalam melayani publik. Pelayanan Prima menjadi prioritas utama harapannya Layanan dapat diberikan dengan cepat apabila arsip tertata dengan baik.