Berita

Penilaian Arsip Bagian Keuangan

Kamis Wage, 2 Juli 2020 14:27 WIB 82

foto
Arsiparis dan staf Bidang Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul melakukan kegiatan penilaian arsip.

Jum'at, 26 Juni 2020 bertempat di Depo Arsip Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul dilakukan kegiatan Penilaian Arsip. Penilaian arsip adalah kegiatan yang dilakukan untuk menentukan arsip apakah tetap disimpan permanen ataukah dimusnahkan. Arsip yang dilakukan penilaian adalah Arsip Bagian Keuangan Sekretariat Daerah Kabupaten Bantul. Kegiatan yang dilakukan hari itu adalah memilah arsip yang dinilai Permanen (Statis) dan Musnah. Untuk Arsip Permanen (Statis)  segera disimpan ke dalam roll o'pack yang berfungsi untuk menyimpan arsip bernilai Permanen (Statis). Sedangkan arsip bernilai Musnah akan dilakukan tindakan pemusnahan arsip dengan mengikuti prosedur dan tata peraturan  kearsipan yang ketat.

Kegiatan pemilahan arsip dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Kearsipan Dra Kun Ernawati, MSidan dilaksanakan oleh jajaran Arsiparis, Kasi Arsip Dinamis,Kasi Arsip Statis, dan Staf. Dengan adanya kegiatan Penilaian Arsip hasil yang dicapai adalah bertambahnya khazanah arsip statis serta berjalannya kegiatan daur hidup pengelolaan arsip yaitu: penciptaan (create),penggunaan dan pemeliharaan (use and maintenance) serta penyusutan (disposed). Selain itu volume dan beban arsip di dalam depo arsip menjadi berkurang sesuai beban ideal dalam peraturan kearsipan.