Berita

MEWUJUDKAN TERTIB ARSIP MELALUI PENGAWASAN EKSTERNAL LEMBAGA KEARSIPAN DAERAH

Selasa Legi, 25 Juni 2019 18:49 WIB 100

foto
LKD Bantul siap menunjukkan beberapa data pendukung kepada Tim Pengawasan Ekternal dari DPAD DIY dan Inspektorat DIY

Salah satu indikator tata kelola pemerintahan yang baik ditentukan dengan tata kelola pengarsipan yang baik pula. Oleh karenanya Lembaga Kearsipan Daerah ( LKD) harus mewujudkan tata kelola kearsipan yang baik dan modern yang mana telah dijelaskan di Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009  tentang Kearsipan. Mewujudkan tertib arsip diantaranya dapat melalui pengawasan ekternal LKD sebagaimana telah dilakukan oleh DPAD DIY. Pengawasannya meliputi penetapan kebijakan, pembinaan kearsipan dan pengelolaan arsip yang didukung oleh sumber daya manusia, prasarana dan sarana, serta sumber daya lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul sekaligus sebagai Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) Kabupaten Bantul akan di nilai pengawasan ekternal oleh Tim DPAD DIY dan Inspektorat DIY  selama 3 (tiga) hari, selasa-kamis, 25-27 Juni 2019, Tim berjumlah 7 orang antara lain: Aris Ariyanto, SH,MM, Dra Th Trisundari R, Drs Burhanudin Dwi R, Dra Anna N Nuryani, Atik Wisyastuti AMd, Maharyo Widanto, ST MM dan Yuhandi Purnomo. 

(Selasa, 25/6) Rombongan Tim Pengawasan yang di pimpin oleh Aris Ariyanto, SH, MM berkunjung di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan,  diterima oleh Kabid Kearsipan, Singgih Riyadi, SE, MM , Kasi Arsip Dinamis, Kasi Arsip Statis dan Rekan-rekan Arsiparis di Ruang Rapat Bidang Kearsipan. Tim akan menanyakan sejauh mana LKD melaksanakan rekomendasi yang diberikan. Adapun hasil monitoring untuk penilaian LKD Tahun 2018 nilainya 64,14 kategori cukup. semoga tahun ini nilainya meningkat ke arah yang baik, ungkap Atik Widyastuti AMd, Arsiparis DPAD DIY.

Singgih mengatakan ketika kita menyampaikan  bahwa sudah menindaklanjuti rekomendasi tim maka kita harus menunjukkan buktinya seperti istilah di dalam sidang MK ada salah satu asas hukum yang disebut "'Actori Incombit Onus Probandi'" yang artinya siapa yang mendalilkan maka dialah yang harus membuktikan, ujarnya

Dengan adanya pengawasan eksternal LKD ini , diharapkan dapat terwujud pengelolaan kearsipan yang lebih baik. Terciptanya budaya tertib arsip yang berkesinambungan dan mendorong pencipta arsip dan lembaga kearsipan untuk menyelenggarakan kearsipan sesuai dengan prinsip, kaidah, standar kearsipan, dan peraturan perundangan yang berlaku. Sehingga dapat terwujud akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan dan menjaga memori kolektif bangsa.