Berita

KUNJUNGAN DPAD DIY KE BANTUL DALAM RANGKA AKUISISI ARSIP KEPRESIDENAN

Selasa Legi, 21 Mei 2019 14:51 WIB 267

foto
Rombongan DPAD DIY dan Perwakilan Dispusip Bantul berkunjung ke Dinas Kominfo

Istilah akuisisi arsip statis sebagaimana dijelaskan dalam Pasal 1 Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan adalah proses penambahan khasanaharsip statis pada lembaga kearsipan yang dilaksanakan melalui kegiatan penyerahan arsip statis dan hak pengelolaannya dari pencipta arsip kepada lembaga kearsipan. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul menerima tamu dari DPAD DIY terkait rencana program kegiatan akuisi arsip kepresidenan. Rombongan di terima oleh Kasi Arsip Dinamis dan Arsiparis di RR Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, (Selasa, 21/5). 

Rombongan DPAD DIY berjumlah 5 (lima) orang  di pimpin Bapak Rusidi  selaku arsiparis, maksud tujuan berkunjung pertama silaturahmi kemudian rencana akuisisi arsip kepresidenan barangkali ada arsip tekstual maupun non tekstual yang berada di Pemerintah Kabupaten Bantul agar bisa di gunakan sebagai khasanah arsip selain berkunjungan ke Lembaga Kearsipan Daerah ( LKD) yang dalam Hal ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul rombongan juga berkunjung ke Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul

Kasi Arsip Dinamis bersama rombongan dari DPAD DIY berkunjung ke Dinas Kominfo. Rombongan di terima oleh Dian Mutiara, SH, MM  selaku Sekretaris Dinas Kominfo di Ruang Kerjanya. Dalam hal ini Dinas Kominfo memiliki beberapa dokumentasi terkait arsip dokumentasi/ foto kunjungan  Presiden ke Wilayah Bantul. Dian bersedia apabila arsip dokumentasi tersebut bisa di minta soft file terkait kebutuhan sebagai khazanah dalam akuisisi arsip kepresidenan. Rencana kedepan DPAD DIY akan mengadakan Rapat Kerja dengan mengundang beberapa lembaga/ instansi terkait untuk kegiatan akuisisi kepresidenan.