Berita

DAFTAR ARSIP KUNCI MANAJEMEN ARSIP

Selasa Legi, 21 Mei 2019 14:24 WIB 269

foto
Sambutan dari, Ibu Siti Akhiri Kasubbag TU dalam acara sosialisasi pentingnya pengelolaan arsip di Dinas PPKBPMD

Dalam rangka meningkatkan kinerja pegawai Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPKBPMD) menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pentingnya pengelolaan arsip ( Selasa, 21/5). Bertempat di Aula Dinas PPKBPMD Kabupaten Bantul kegiatan berlangsung dengan di hadiri Staf/ Pegawai dari Perwakilan Sekretariat, bidang maupun seksi dengan Narasumber dari Arsiparis Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul.

Menurut Agus Subiyanto, SH ,  bahwa dalam pengelolaan kearsipan ada dasar hukumnya yang sangat kuat, UU RI Nomor 43 tahun 2009 tentang Kearsipan, terkait dasar hukumnya yang kuat,  sangat menunjukkan bahwa pengelolaan arsip arsip itu penting. “Kita harus memberikan ruang atau prioritas untuk pengelolaan kearsipan. Ini soal komitmen bahwa arsip itu menjadi sangat penting dan tata kelola kearsipan harus di sesuaikan dengan kaidah/aturan perundang-undangan yang berlaku.

Agus menjelaskan bahwa dalam sosialisasi pentingnya arsip ini juga ditekankan bahwa pencipta arsip setiap akhir tahun di harapkan menyusun Daftar Arsip (DA) agar manajemen arsip dapat berjalan sesuai ketentuan yang berlaku, dan Daftar arsip itu merupakan hasil dari pengelolaan arsip

Pada kesempatan kali ini, Siti Akhiri selaku Kasubbag Tata Usaha Dinas PPKBPMD dalam sambutannya mengajak kepada semua sekretariat,  bidang, dan seksi untuk melakukan komunikasi lebih intensif dengan semua pihak, menumbuhkan  kesadaran dan pemahaman bahwa pengeloalan arsip itu penting, sehingga dapat meningkatkan kinerja pegawai sesuai dengan tujuan atau harapan di selenggarakan kegiatan sosialisasi ini.