Berita

Dorong Minat Membaca, Perpusda Bantul Hadir Di Stadion Sultan Agung

Senin Pahing, 22 April 2019 08:52 WIB 242

foto
Perpusda Bantul Goes to Sultan Agung Stadium

Minggu, (21/04/2019) Minat baca masyarakat harus selalu ditingkatkan, salah satu caranya ialah mendekatkan buku kepada masyarakat. Menurut sejumlah survey, minat baca Indonesia hingga kini masih dalam posisi kurang menguntungkan. Dibutuhkan peran semua pihak, terutama perpustakaan guna mengatasi hal tersebut.

Oleh karena itu, perlu upaya nyata agar keberadaan perpustakaan dapat menjadi sarana efektif meningkatkan minat baca masyarakat. Contohnya dengan layanan perpustakaan keliling di tempat-tempat tertentu seperti sunday morning. Hal itu disampaikan Agus Haryanto, S.IP, Kasi Layanan Perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul di Kompleks Stadion Sultan Agung Bantul(SSA).

Agus juga menambahkan, “Perpustakaan keliling  merupakan kegiatanyang dilakukan Perpusda Bantul sebagai bentuklayanan bacaan kepada masyarakat. Selain yang rutin di hari kerja, tahun 2019 ini kami juga memiliki beberapa layanan di tempat wisata, salah satunya kami tempatkan di kegiatan sunday morning, Kompleks  Stadion Sultan Agung”.

“Kami membawa satu unit armada perpustakaan keliling untuk melayani masyarakat. Di mobil perpustakaan ada sekitar tiga ribu buku dari berbagai bidang pengetahuan. Masyarakat dipersilahkan memanfaatkan layanan gratis baca di tempat. Untuk itu sudah kami sediakan tikar sebagai tempat membaca. Buku bacaan untuk  anak-anak juga ada”, imbuhnya.

Armada perpustakaan keliling dari Perpusda Bantul turut mendukung Komunitas Moco Buku Rame-rame (Mobura) yang sudah terlebih dahulu membuka layanan baca. Komunitas yang awalnya diprakarsai tiga srikandi anggota Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kabupaten Bantul ini sudah menggelar lapak bacanya lebih dari setahun lalu, dan menempati sisi timur area parkir SSA. Hadirnya mobil layanan perpustakaan semakin menarik perhatian pengunjung terutama kalangan anak-anak.

Even yang digelar sejak pukul 06.00 s.d 10.00 setiap minggunya kali ini menjadi sesuatu yang sangat spesial, karena dihadiri langsung oleh Ketua FTBM Bantul, Suroto (Rumah Baca Ngudi Kawruh). Selain didukung mobil layanan perpustakaan beserta tim layanan dari Perpusda Bantul, Mobura juga meresmikan bergabungnya sejumlah volunteer (relawan) dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Peresmian ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh sesepuh FTBM Bantul, Kang Saipul Hadi (TBM Luru Ilmu) dilanjutkan doadan makan bersama.

Siti Aminah (TBM Delima)yang juga penggagas Mobura, mengungkapkan rasa senangnya mengingat lapak baca Mobura mampu bertahan lebih dari satu tahun. Berbagai tantangan mewarnai sepanjang perjalanan gelaran lapak baca tersebut. Dalam rentang waktu itu puladukungan berbagai pihak terus mengalir ke Mobura. Baik dukungan bahan bacaan, semangat, hingga relawan yang siap membantu keberlanjutan lapak baca Mobura. Ia sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungannya. Minggu ini Mobura juga dihadiri perwakilan dari FTBM DIY.

Sementara itu, Hanie warga Jambidan Banguntapan yang sering datang ke Mobura mengaku surprise dengan kedatangan mobil keliling Perpustakaan Bantul.  Adanya mobil perpustakaan sangat membantu dirinya mengakses  bacaan, terutama novel yg jadi kegemarannya. Makin banyak pilihan buku yang bisa dibacanya.Ia berharap ke depan, layanan mobil perpustakaan ini tidak hanya sekali dua kali saja menyambangi Mobura. Namun terus mendampingi  sepanjang gelaran lapak baca Mobura itu sendiri. Demikian ia menyampaikan di sela aktivitasnya membaca buku bersama keluarga.(Muf)