Berita

Rakornas SIKN / JIKN Tahun 2019 ANRI

Selasa Wage, 9 April 2019 15:39 WIB 207

foto
Rakornas SIKN dan JIKN 2019 di Jakarta

Ada 3 (tiga) isu strategis yang diangkat sebagai tema pembahasan Rakornas kali ini, antara lain pertama dalam rangka pemberlakuan SPBE (Sistim Pemerintahan Berbasis Elektronik) maka berkaitan dengan penyelenggaraan kearsipan, E-Arsip menjadi sebuah jawaban/solusi, yang kedua dalam rangka pencapaian Agenda Nawacita Presiden Jokowi, berkaitan dengan  E-Government dan Open Government, Lembaga Kearsipan Daerah harus mampu mengambil peran strategis dengan mengoptimalkan fungsi jaringan SIKD, SIKS, SIKN, dan JIKN. dan yang ketiga  dalam Permenpan R.I. No. 30 Tahun 2018 ttg  Reformasi Birokrasi, indeks kearsipan merupakan salah satu area perubahan, untuk  ini indeks kearsipan merupakan faktor penting dalam mewujudkan birokrasi yang berdasar kepada aturan (Rule Base Birokrasi) dan Birokrasi yang berdasar kepada kinerja (Performance Base Birokrasi).

Peserta Rakornas SIKN dan JIKN Tahun 2019 untuk Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten di wakili oleh Singgih Riyadi, SE,MM selaku Kabid Kearsipan berlangsung selama 3 (tiga) hari, 8-10 April 2019 bertempat di Hotel Merlyn, Jakarta. Narasumber Rakornas dari Kepala Perpusnas R.I. sbg Keynote Speaker, Kepala ANRI, Deputy Pusat TIEM BPPT dan Narasumber Internal ANRI.

Dengan demikian Rakornas dimaksudkan menjadi media menyamakan persepsi dan gerak langkah seluruh lembaga kearsipan pusat dan daerah dalam melaksanakan agenda- agenda nasional dimaksud.