Berita

Bantul Bangkit Menuju Tertib Arsip

Selasa Wage, 9 April 2019 14:08 WIB 260

foto
Drs Totok Sudarta MPd saat membuka acara Workshop Bidang Kearsipan

Selasa, 9/4, Bertempat di Radja Resto dan Meeting Room Jl Lingkar Selatan Ruko Bangunharjo, Sewon Bantul, Workshop Penyelamatan Arsip Daerah dan Sosialisasi Perda Penyelenggaraan Kearsipan berlangsung dengan mengusung tema "Arsip Sebagai Bukti Pertanggungjawaban dan Memori Kolektif Bangsa. Dihadiri oleh Sekretaris Dinas se-Kabupaten Bantul, Sekretaris Kecamatan se-Kabupaten Bantul dan Kasubbag TU Kantor, Bagian, Puskesmas se Kabupaten Bantul. Acara di buka oleh Bapak Drs Totok Sudarta MPd selaku Asisten Sumber Daya dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Bantul. Dalam sambutannya mengajak terutama sekretaris yang di undang dalam acara ini untuk lebih membangun kesadaran tertib arsip di lingkungan keluarga,kerja  dan masyarakat. 

Pada kesempatan yang sama, Drs Eddy Susanto selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul mensosialisasikan Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 1 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Kearsipan, yang mana telah diundangkan pada tanggal 1 Maret 2019 dan dimuat dalam Lembaran Berita Daerah Kabupaten Bantul Nomor 1 Tahun 2019. Dengan adanya Perda kearsipan memberikan payung hukum agar kearsipan di Kabupaten Bantul semakin baik dengan menciptakan inovasi kearsipan.

Adapun Narasumber Bapak Suparman SIP, MHum dari Bagian Hukum Setda Kabupaten Bantul memberikan paparan tentang substansi Perda Kearsipan diantaranya kewajiban melaksanakan penyelenggaraan kearsipan sesuai peraturan perundang-undangan (sesuai standar dan kewajiban mengalokasikan anggaran kearsipan (Sarpras, SDM, Pelatihan-pelatihan kearsipan)

Di sesi terakhir Narasumber dari DPAD DIY, Drs Burhanuddin DR, Arsiparis ahli mengajak seluruh pimpinan agar peduli terhadap kearsipan sehingga tata kelola kearsipan semakin baik.

Acara ini di moderatori oleh Agus Subiyanto,SH,  Arsiparis Ahli dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul. Tujuan diadakannya Workshop ini  adalah Bantul Bangkit Menuju Tertib Arsip bisa segera terwujud dengan baik dan kedepan Perda Kearsipan akan disosialisasikan selain kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga kepada seluruh stakeholder terkait antara lain: ,Pemerintah Desa, BUMD, Organisasi Kemasyarakatan, organisasi sosialpolitik, dan lainnya.