Berita

WORKSHOP BIDANG LAYANAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN BANTUL

Jumat Pahing, 8 Maret 2019 09:52 WIB 139

foto
Kepala DAPD Provinsi DIY, didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Bantul dan Kabid Layanan Perpustakaan dalam acara Workshop Bidang Layanan Perpustakaan

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul mengadakan workshop bidang layanan perpustakaan 2019. Kegiatan yang berlangsung di aula sasana widya parwa gedung perpustakaan Bantul berlangsung selama tiga hari dan diikuti oleh peserta dari pengelola perpustakaan sekolah, komunitas dan tbm se-kabupaten Bantul. Narasumber dihadirkan langsung dari Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip DIY Dra. Monika Nur Lastiyani, MM. Beliau menyampaikan "pengunjung yang membaca di perpustakaan harus merasa nyaman seperti dirumah sendiri, jika ada pengunjung yang membaca diruang perpustakaan kemudian tertidur lelap maka jangan dibangunkan, karena pengunjung hannya butuh beberapa menit untuk istirahat kemudian dia akan terbangun dan membaca kembali",ungkapnya. Di hari yang kedua Kepala Bidang Layanan Perpustakaan, Dra.Suprihastuti, MM. menyampaikan perpustakaan yang sudah terdaftar dan bekerja sama dengan layanan perpustakaan keliling, harus dapat dimanfaatkan dengan baik, dari jadwal yang rutin sudah terjadwal, petugas perpustakaan yang siap ketika perpustakaan keliling berkunjung, serta keaktifan dan laporan dalam transaksi peminjaman dikerjakan dengan tertib. Sehingga setiap tim dari perpustakaan keliling berkunjung dapat berjalan dengan baik dan optimal. Untuk perpustakaan yang belum mendapatkan jadwal keliling, maka perpusda bantul menyediakan layanan pinjam mandiri "swalayan mandiri perpustakaan" dengan cara petugas perpustakaan dari sekolah atau komunitas datang lansung ke perpustakaan kabupaten Bantul pada hari Jum'at untuk melakukan  "swalayan mandiri perpustakaan" dengan memilih maksimal 100 eksemplar koleksi buku cetak untuk dipinjam.

Dengan demikian tujuan dari layanan perpustakaan dapat berjalan secara optimal untuk seluruh masyarakat, sekolah, komunitas yang berada di kabupaten Bantul dengan layanan keliling perpustakaan (Senin- Kamis), layanan pinjam mandiri / swalayan perpustakaan (Jum'at), dan layanan daily (Senin-Minggu) di perpustakaan kabupaten Bantul. (Jf)