Berita

PerpuSeru Sosialisasi Pengembangan Perpustakaan Berbasis IT

Rabu Pahing, 17 Februari 2016 11:23 WIB 1180

foto

Pada hari Jum’at, 12 Februari 2016 lalu Kantor Perpustakaan Umum Kab. Bantul bekerja sama dengan Perpuseru Coca-cola Foundation Indonesia mengadakan sosialisasi pengembangan perpustakaan  berbasis IT. Hadir dalam kegiatan ini Pejabat Struktural, Pustakawan dan staf Kantor Perpustakaan Umum Kab. Bantul . Kemudian perwakilan dari Dinas Pendidikan Dasar (Dikdas), Dinas Pendidikan Menengah dan Non Formal (Dikmenof) dan Kantor Pengolahan Data Telematika (KPDT) Kabupaten Bantul. Selain itu beberapa pengelola perpustakaan desa terlihat pula hadir mengikuti kegiatan sosialisasi.

Tujuan sosialisasi adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai Program Perpuseru, tujuan yang ingin dicapai dari Program Perpuseru, dan menumbuhkan  kesadaran serta komitmen untuk pengembangan perpustakaan desa. Dalam paparannya, narasumber Gemma Hanggarsih Tiftazani yang juga fasilitator Perpuseru wilayah DIY menyampaikan ada 4 strategi  pokok Perpuseru dalam mencapai visi dan misinya. Keempat strategi tersebut adalah :

  1. Peningkatan kapasitas staf perpustakaan
  2. Penyediaan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi (TIK)
  3. Advokasi dan membangun kemitraan
  4. Monitoring dan evaluasi

Perpuseru di tahun 2016 ini telah memberikan stimulan kepada Perpustakaan Umum Kabupaten Bantul berupa 4 unit komputer, piranti pendukung dan jaringan internet. Semuanya diberikan untuk meningkatkan pelayanan kepada pengunjung setia perpustakaan baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Perangkat-perangkat tersebut telah terpasang dan dapat digunakan sepenuhnya secara gratis.

Sementara itu dalam kaitannya terhadap pelayanan pemustaka dan mendekatkan buku pada masyarakat, Perpustakaan Umum Kabupaten Bantul juga menyelenggarakan pameran buku murah. Pameran dilaksanakan tanggal 5 hingga 20 Februari 2016 dan terselenggara bekerja sama dengan Penerbit Mizan. Pameran yang bertajuk “bukuku bukan buku biasa” menggelar buku-buku murah mulai harga Rp. 5000 serta berbagai diskon menarik.(muf)