Berita

PELATIHAN PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA TINGKAT KECAMATAN TAHUN 2015

Selasa Pon, 15 Desember 2015 09:31 WIB 1129

foto

Perpustakaan merupakan jantung peradaban, karena dengan adanya perpustakaan dapat diperoleh data atau informasi yang dapat digunakan sebagai dasar pengembangan ilmu pengetahuan. Perpustakaan sebagai sumber informasi memegang peranan penting dalam pembangunan di era globalisasi   saat ini dan merupakan sarana penunjang dalam pendidikan formal maupun informal. Perpustakaan dalam konteks komunikasi yang lebih luas, juga berperan sebagai lembaga sosial di dalam proses pendidikan dan inovasi untuk menunjang semua kegiatan masyarakat yang dilayaninya. Sehubungan dengan hal tersebut, perlu dipahami bahwa salah satu fungsi utama perpustakaan adalah menyediakan dan menyebarluaskan informasi yang dimilikinya kepada pengguna perpustakaan.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat membuat pihak perpustakaan harus meningkatkan dan menambah koleksi bahan pustaka baik yang tercetak maupun tidak tercetak. Setiap koleksi bahan pustaka yang diterima di suatu perpustakaan baik yang berasal dari pembelian, hadiah atau sumbangan, hasil tukar menukar maupun penerbitan sendiri belum dapat ditempatkan di dalam rak dan dipinjamkan kepada pengguna sebelum diadakannya suatu kegiatan pengolahan. Perpustakaan yang baik yaitu perpustakaan yang dapat menyajikan informasi secara cepat dan tepat kepada pengguna perpustakaan. Agar perpustakaan dapat berfungsi sebagaimana mestinya, perpustakaan harus dapat menjadi pusat penyimpanan dan pelestarian ilmu pengetahuan, pusat belajar, pusat penelitian, dan pusat penyebaran informasi.

Pengolahan bahan pustaka merupakan salah satu inti dari tugas perpustakaan. Kegiatan pengolahan bahan pustaka memungkinkan koleksi perpustakaan tertata secara sistematis dan dapat ditemukan kembali secara efisien. Bahan pustaka yang masuk ke perpustakaan wajib diolah dengan baik agar proses temu kembali informasi nantinya berjalan lancar dan mewujudkan tertib administrasi. Dalam pelaksanaannya, proses pengolahan bahan pustaka ini dapat berbeda-beda urutan kegiatan atau alur prosesnya antara perpustakaan satu dengan yang lainnya.

Pengolahan bahan pustaka penting dilakukan untuk memudahkan temu balik informasi dan memperlancar kegiatan pelayanan. Apabila pengolahan bahan pustaka tidak diperhatikan dengan baik maka akibatnya salah satu tujuan perpustakaan tidak dapat dicapai, dan bahan pustaka tersebut sulit untuk ditemukan oleh pengguna perpustakaan karena tidak ada alat bantu penelusur untuk dimanfaatkan. Pengolahan bahan pustaka yang dilaksanakan dengan baik harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk memungkinkan tujuan perpustakaan tercapai secara optimal. Jika perpustakaan tidak dapat mengolah bahan pustaka dengan baik maka salah satu tujuan perpustakaan tidak dapat dicapai. Berangkat dari pentingnya fungsi pengolahan perpustakaan, maka Pelatihan Pengolahan Bahan Pustaka di tingkat kecamatan ini dilaksanakan.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang pengolahan bahan perpustakaan, meningkatkan keterampilan melakukan pengolahan bahan perpustakaan. Pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis Perpustakaan ini ditujukan untuk Pengelola/Petugas Perpustakaan Sekolah, Desa dan Komunitas ditingkat kecamatan. Dilaksanakan pada Minggu ke dua bulan Desember 2015 di Aula Kecamatan. Peserta 25 orang per kecamatan. Kecamatan yang kami tunjuk adalah Kecamatan Bantul, Pajangan, Kasihan, Pleret, dan Kecamatan Sewon.